Saturday, June 3, 2017

JANGAN PERNAH MENYERAH, TERUS BELAJAR!!!

Posting potongan novel saya, lumayan ada beberapa orang tertawa, tetapi hanya sedikit orang yang minat membaca. Mungkin judulnya kurang menarik.

Tapi ini jadi pertanyaan tersendiri di hati saya, jika sekarang saja di sosial media tidak menarik minat orang buat membaca. Jika dari 5000 teman hanya sedikit saja yang mau membaca, hanya satu dua orang, lalu bagaimana saat novelnya saya keluarkan. Mencetak buku hanya akan menjadi kerugian.

Saya paling tidak mau membuat orang merasa rugi setelah membeli buku saya, itulah sebabnya sampai sekarang saya tidak juga membuat buku dan lebih suka tulisan saya tersebar saja di facebook tanpa menjadi apa-apa.

Jika tulisan saya tidak menarik minat orang buat membaca, jika hanya sedikit saja orang yang suka, akankah menulis ini saya teruskan?

Harus tetap diteruskan.

Harus saya evaluasi lagi kenapa orang tidak suka. Kenapa tulisan lainnya mereka suka.

Dulu pernah punya tulisan yang banyak share, banyak like, banyak komentar.

Tulisan seperti apa itu biasanya?

1. Tulisan yang lahir dari perasaan cinta berat kepada seseorang.
2. Tulisan yang saya tulis untuk menyatakan protes, tapi tidak bisa, jadi saya menyusun cerita.
3. Tulisan yang lahir dari kejadian tidak menyenangkan.

Apa pun yang terjadi jangan sampai membuat saya menyerah, apa pun yang terjadi harus menjadi pelajaran.

Tapi ada yang lucu nih. Ketika apa pun yang terjadi harus menjadi pelajaran, bawaannya pengen memikirkan mulu, ada masalah sekecil apa pun bawaannya jadi mikir, kalau mikir jadinya pusing, kadang juga bisa jadi sedih.

Ah gak papa pusing, gak papa sedih.

Justru itu akan menjadikan sebuah pelajaran membekas lebih dalam

Saya harus terus belajar menulis. belajar kepada yang lebih pandai, jangan berhenti membaca buku-buku bagus, membaca buku-buku yang membuat saya kagum dan bertanya mengapa saya menjadi kagum, bagaimana teknik penulisannya, bagaimana penyusnan kalimatnya. saya harus terus pelajari dan ini proses yang sangat menarik.

Saya harus belajar bikin skenario, saya harus belajar bikin naskah yang dialognya bagus, berbobot, dan membekas.


No comments:

Post a Comment

Mau Betulin Hape