Tuesday, May 24, 2016

PENULIS DI GRUP KEPENULISAN FACEBOOK

Di facebook banyak grup kepenulisan. Tapi Komunitas Bisa Menulis itu komunitas paling ramai yang saya temukan. Di sana, postingan orang berragam. Dan postingan berharga menurut saya adalah postingan berupa karya, baik puisi, cerpen, atau novel.

Bukan tulisan reaktif, sekedar pencari perhatian orang-orang komunitas sekedar ingin mendapatkan like dan komentar yang banyak. Penulis yang benar-benar bernilai di mata saya, bukan sekedar penulis yang posting hanya untuk mencari perhatian, mencari liker dan komentator banyak, dengan memposting tulisan berisi senggol sana-senggol sini, menghakimi mental orang padahal dirinya sendiri bermasalah. Bukan pula yang komentar sana-sini buat menyerang dan mencari perhatian, dengan menjilat-jilat agar dirinya dianggap  penting oleh orang-orang. Member yang benar-benar bernilai di mata saya, mereka berkaya, berusaha menulis puisi, berusaha menulis cerpen, dan memposting di sini untuk mendapatkan kritikan agar lebih baik ke depannya, agar setelah keluar dari sini, karyanya benar-benar bisa bermanfaat bagi pembaca lebih luas, dengan kata lain: punya nilai jual.

Ibarat gabah padi masuk pabrik penggilingan, maka tujuan sebenarnya adalah keluar dari penggilingan, menjadi beras putih bersih wangi dan punya nilai jual. Begitulah di sini para penulis berkuaitas, dengan rendah hatin mereka berkarya kemudian karynya siap mendapatkan kritikan, perbaikan, biar keluar dari ini, dia menjadi seorang penulis dengan karya bernilai jual. Mereka berusaha menghindari kesia-siaan, menjadi seperti gabah padi yang masuk penggilingan yang malah terselip dalam mesin, terjebak berputar-putar tidak bisa ke mana-mana.

Penulis jenis terakhir bukan tidak ada manfaatnya. Mereka ada manfaatnya juga, jadi santapan tikus atau kecoa itu juga manfaat, tidak sampai terbuang, atau anggaplah mereka itu pasir masuk tembolok ayam, seperti tidak ada manfaatnya, tapi tetap ada manfaatnya, ikut berfungsi dalam penggilingan makanan.




No comments:

Post a Comment

Mau Betulin Hape