Thursday, June 1, 2017

MERANCANG MASA DEPAN

Saya bertanya kepada diri sendiri, mau apa saya ke depannya?

Tadi saya coba membagikan novel humor saya di facebook tapi orang-orang hanya like saja, tidak memberikan komentar, tidak juga mereka tertawa, padahal saya meniatkan itu sebagai cerita lucu. Itu postingan saya untuk kedua kalina. 

Dulu sebelumnya pernah, tapi saat itu orang-orang tidak tertawa, berarti tidak lucu. Kemudian saya perbaiki, orang-orang masih sama tidak tertawa juga. Berarti kelucuan yang coba saya buat gagal. Padahal ingin sekali saya menulis cerita lucu. Dan sudah belajar bagaimana caranya menulis cerita lucu.

Menulis cerita romantis rasanya bosan. Memang banyak orang yang suka, tapi sayanya bosan. 

Jadi apa yang harus saya lakukan sekarang?

Belajar lagi, berlatih lagi, dan perbaiki lagi.

Ingat lagi dasar dari komedi: ADALAH KEJUJURAN

====

Ketika kita jujur, maka hati semua orang akan setuju dengan apa yang kita sampaikan, karena hati mereka pun merasakannya. Di situlah mereka tertawa. Itulah kelucuan sesungguhnya.

Sebenarnya yang saya inginkan adalah bahagia sepenuhnya di rumah, makanan, tempat tidur, tengah rumah, anak, istri, alam, buku-buku, sawah, semuanya, menikmati keseruan-keseruan rumah dan menuliskannya ke dalam kisah, kemudian menjual dan membagikannya kepada orang-orang.

Jika ada hal yang tidak membahagiakan, carilah cara untuk mengatasinya dan tuliskan, kemudian mempraktikkannya. Baik itu masalah pengasuhan, keuangan, hubungan dengan istri, rumah, apa saja. Praktikkan dan ceritakan apa saja yang dirasakan setelah mempraktikkannya.

====

Tapi mungkin sekarang, mungkin akan di kota dulu, berjuang. 

No comments:

Post a Comment

Mau Betulin Hape